7 Makanan Tinggi Elektrolit, Bantu Atasi Dehidrasi |

7 Makanan Tinggi Elektrolit, Bantu Atasi Dehidrasi

Elektrolit adalah mineral yang membawa muatan listrik. Elektrolit memicu fungsi sel di seluruh tubuh. Zat ini mendukung hidrasi dan membantu tubuh menghasilkan energi. Mereka juga bertanggung jawab untuk merangsang kontraksi otot, termasuk yang membuat jantung berdetak kencang.

Tubuh membutuhkannya untuk mengatur fungsi saraf dan otot, menjaga keseimbangan asam-basa, dan menjaga keseimbangan cairan. Elektrolit seperti klorida, kalium, natrium, magnesium, dan kalsium dapat hilang melalui keringat dan perlu diganti melalui makanan dan minuman.

Kebanyakan elektrolit didapat dari minuman. Banyak produk minuman yang menawarkan elektrolit di dalamnya. Namun, tahukah Anda bahwa elektrolit juga bisa didapat dari makanan? Sebagian besar orang mendapatkan cukup elektrolit dari makanan dan minuman harian yang mereka konsumsi.

Elektrolit sangat membantu bagi orang yang dehidrasi atau kekurangan cairan. Berikut 6 makanan yang dapat memenuhi asupan elektrolit yang berhasil Indo66 rangkum dari berbagai sumber, Senin(4/11/2019).

Sodium dan Klorida

Sodium dan klorida merupakan dua elektrolit yang membentuk garam meja. Kandungan ini ada dalam makanan bersama dan membantu menjaga keseimbangan cairan untuk fungsi sel yang tepat. Namun, disarankan untuk tidak mengonsumsi sodium dan klorida lebih dari 2.300 miligram sodium setiap hari.

Kalium

Mineral ini mendukung fungsi sel normal, mengatur tekanan darah dan melindungi terhadap pengeroposan tulang dan batu ginjal. Pola makan rendah kalium bisa enyebabkan komplikasi ringan hingga parah.

Komplikasi ini bisa berupa kelelahan, intoleransi glukosa, irama jantung yang tidak normal, kesulitan bernapas dan masalah kardiovaskular.

Magnesium

Magnesium mendukung perkembangan tulang dan gigi, fungsi saraf dan otot serta sintesis protein. Mendapatkan cukup magnesium dalam makanan juga dapat melindungi dari tekanan darah tinggi, faktor yang meningkatkan risiko penyakit jantung.

Kekurangan magnesium dapat menyebabkan mual dan kelelahan, kram otot, kekurangan kalsium dan kalium, masalah kardiovaskular dan banyak lagi.

Kalsium

Tubuh menggunakan kalsium untuk pembentukan tulang dan gigi, pembekuan darah, fungsi otot dan enzim serta vasodilatasi, di antara proses-proses lainnya. Sekitar 99 persen dari mineral ini disimpan dalam gigi dan tulang. Kekurangan kalsium dapat mempercepat keropos tulang dan memengaruhi kepadatan tulang.

Fosfor

Fosfor adalah mineral paling berlimpah kedua di tubuh setelah kalsium. Tubuh membutuhkan fosfor untuk banyak fungsi, seperti menyaring limbah dan memperbaiki jaringan dan sel. Kadar fosfor yang terlalu tinggi atau terlalu rendah dapat menyebabkan komplikasi medis, seperti penyakit jantung, nyeri sendi, atau kelelahan.

Be the first to comment on "7 Makanan Tinggi Elektrolit, Bantu Atasi Dehidrasi"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*